Sejarah Gitar Ibanez Yang Perlu Diketahui

Sejarah Gitar Ibanez. Ibanez yang merupakan salah satu gitar buatan dari jepang yang sangat terkenal pada tahun 1957. DIbuat oleh anak perusahaan Hoshino Gakki yang di dirikan di Nagoya Jepang. Gitar Ibanez sendiri sudah sanget mendunia dikarenakan model dan variannya bisa di terima oleh dunia.

Awal Mula Sejarah Gitar Ibanez Mendunia 

Untuk pembuatan awal sejarah gitar ibanez ini menjiplak dari desain milik gitar Amerika dengan model  type 2364 yang merupakan duplikasi dari model gitar ternama dan terkenal Ampeg & Armstrong yang dibuat dari bahan plastik jernih. Terdapat gitar ibanez dengan type 2347 yang merupakan duplikat mirip dengan model milik Gibson Les Paul type 2351 dan juga gitar ibanez dengan model type 2348 menduplikat nyaris sempurna dari model type Non Reverse Gibson Firebird. Dari semua varian duplikat gitar merk lain, hanya gitar ibanez yang mampu men duplikat sebuah gitar yang sangat baik, sempurna dan mirip dengan yang asli nya.

Gitar Ibanez, sangking miripnya tiruan dari alat musik petik merk ibanez tersebut, membuat pihak Gitar Gibson menuntut perusahaan gitar ibanez akan pelanggaran hak cipta pada tahun 1977. Namun terjadi keanehan saat gugatan tersebut tidak ditujukan kepada desain dari pemilik gitar ibanez yang nyaris mirip dengan desain dari gitar Gibson, tetapi malah ditujukan kepada untuk desain headstock dari gitar ibanez lalu kemudian di selesaikan di pengadilan sekitar tahun 1978. Setelah adanya gugatan ini tentu saja lebih memacu gitar ibanez sendiri untuk bisa memperkenalkan desain milik gitar ibanez itu sendiri.

sejarah gitar ibanez

Mengenai Kualitas Gitar Akustik dan Listrik Ibanez

Banyak sekali produsen gitar yang sudah terpopuler seperti Yamaha, Gibson, Fender, dan lain-lain yang menawarkan berbagai macam produk unggulan mereka yang di mana dalam setiap produk tersebut memiliki model, bentuk, corak, warna, tampilan dan teknologi dari spesifikasi yang berbeda-beda dengan pasaran harga yang paling murah bahkan hingga yang paling mahal sekalipun, tentunya balik lagi dengan budget serta keinginan pemain gitar tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada kalian tentang berbagai macam seri model type gitar ibanez yang terbaru dan bagaimana mengenai kualitas gitar tersebut. Tentunya akan memberikan kemudahan untuk kalian dalam memilih dan sebelum membeli gitar akustik dan listrik ibanez baru sesuai budget, keperluan dan keinginan kalian sebagai pemain gitar.

1. Gitar Ibanez Akustik Artwood Vintage

Sejarah Gitar ibanez jenis akustik yang satu ini merupakan perwujudan dari kerajinan bahan kayu tradiosinal yang sangat memegang erat nilai sejarah dari gitar akustik ibanez sendiri. Oleh sebab itu dalam pilihan seperti model, tampilan dan warna dari gitar akustik ibanez type Artwood Vintage ini lebih kental terhadap nilai tradisional jika kalian lihat dari segi model gitarnya. Untuk kalian sangat menyukai jenis kayu atau tradisional maka model jenis gitar ini sangat cocok sekali. Berikut kami berikan contoh gambar gitar ibanez akustik artwood vintage.

Gitar Ibanez Akustik Artwood Vintage

2. Gitar Ibanez Akustik PF

Pada model gitar akustik ibanez model PF. Ibanes memberikan sebuah fitur gitar dengan kualitas bagus dan terkesan profesional. Memiliki suara yang jernih dan indah namun harga untuk gitar yang satu ini relatif lebih murah di banding yang lainnya. Dan dari segitu build quality dengan mengusung nama besar Ibanez sudah tidak perlu diragukan lagi tentu saja produk ini sangat baik. Berikut kami berikan contoh gambar gitar ibanez akustik PF.

Gitar Ibanez Akustik PF

3. Gitar Ibanez Akustik AEG

Untuk jenis gitar akustik yang satu ini jenis AEG yang memiliki body gitar ramping atau biasa disebut single cutaway bodies yang pastinya memberikan suara type gitar akustik ini lebih kuat dan seimbang. Jenis Gitar Ibanez AEG ini bisa digunakan pada AMP dengan sistem PA atau Dicabut. Gitar ini juga menggabungkan sistem kemudahan untuk kalian bisa menggunakannya.

Dengan material bodi yang berbahan dari kayu mahogany dan pada bagian atas menggunakan kayu pohon cemara sehingga sudah bisa di pastikan menghasilkan sebuah gitar yang sangat berkualitas tinggi. Gitar akustik ibanez aeg ini juga sudah dilengkapi dengan pickup merk ternama Fishman dan juga Ibanez preamp dengan sebuah tuner onboard. Berikut kami berikan contoh gambar gitar ibanez akustik AEG.

Gitar Ibanez Akustik AEG

4. Gitar Ibanez Listrik RG2228 gitar dengan 8 senar pertama dari Ibanez

Sekitar tahun 2006-2007, Ibanez akhirnya membuat gitar listrik dengan jenis model RG2228, gitar dengan menggunakan 8 senar produksi massal yang baru dibuat pertama di dunia. Duo gitaris ternama seperti Meshuggah pun memakai gitar tersebut yang sudah dikembangkan dari versi tersebut.

Marten Hagstrom yang saat diwawancara oleh pihak MTV waktu itu bilang bahwa sejarah gitar Ibanez RG2228 yang menggunakan 8-senar ini adalah gitar listrik yang selama ini sedang mereka cari. “Kami memulai debut pertama memakai gitar 8 senar. Ini bikin kami bisa merasakan dan mendapatkan suara sonik yang lebih rendah dan juga pastinya mendapatkan suara dengan bass melalui gitar tersebut.

Gitar Ibanez Listrik RG2228 gitar dengan 8 senar pertama dari Ibanez

Gitar Ibanez membuat edisi khusus gitar dengan delapan senar type Ibanez Custom 8-String M8M untuk duo Meshuggah, dan mendapatkan juga tambahan Ibanez FTM33 WK khusus untuk gitaris handal pada saat itu yaitu Fredrik Thordendal. Gitar-gitar ini sekaligus menjadi sebuah penanda lahirnya inovasi-inovasi gitar Ibanez yang sudah beredar di berbagai belahan penjuru dunia.

5. Gitar Ibanez Listrik RG550

RG550 merupakan salah satu seri yang sangat ternama, populer dan banyak sekali diburu oleh penggemar Gitar Ibanez. Gitar ini sudah sangat jelas lebih baik dibandingkan gitar yang masih entry-level dari product Ibanez. Anda juga bisa melihat di bagian neck-nya yang memang terbuat dari 5-piece super wizard maple yang pastinya itu sangat glossy dan halus.

Gitar ini sudah menggunakan model bridge tipe Edge yang memang dibuat bisa menyetel senar gitar dengan presisi dan suaranya yang lebih stabil. Kenyamanan saat memainkanya pun sudah pasti akan Anda dapatkan dari gitar ibanez model RG550 ini. Jika anda ngin naik kelas dari gitar listrik yang masih entry-level? RG550 tentunya bisa Anda coba.

Gitar Ibanez Listrik RG550

 Ukuran Body Gitar Listrik Ibanez

Ini merupakan sebutan untuk jarak antara Bridge hingga sampai bagian Head-Nut. Ukuran yang sudah banyak digunakan ialah 25,5” (648mm), 24,75” (729 mm) dan 25”(635mm). Berikut sedikit penjelasan singkat dari ketiga ukuran skala tersebut;

25,5”
Ini ialah ukuran yang digunakan pada sebuah gitar jenis Fender Stratocaster dan Telecaster. Suara yang dihasilkan pada gitar dengan ukuran skala ini biasanya cenderung ke arah jenis ‘treble’ dengan tegangan senar gitar yang tinggi.

24,75
Pada ukuran skala ini, tegangan pada senar gitar tidak terlalu tinggi, sehingga nantinya akan memproduksi suara yang lebih ‘ngebass dan padat’. Skala ini sudah banyak diadopsi untuk gitar Ibanez jenis 2347.

25”
Dari banyaknya referensi menyebutkan, ukuran gitar dengan skala ini lebih mudah untuk bisa dimainkan. Biasanya digunakan pada gitar yang berbentuk PRS.

Gitaris Ternama yang Menggunakan Gitar Ibanez

  • Steve Vai

Karir dalam bermusik Steve Vai selama berpuluh-puluh tahun membuat Gitar Ibanez membuatkannya sebuah guitar signature. Tak seperti gitar-gitar listrik lainnya, terpasangnya sejumlah tujuh senar di situ menjadi sebuah nilai keunikan tersendiri. Vai tentu saja mendesainnya sendiri dan mulai bekerja bersama oleh pihak Ibanez.

Steve Vai Ibanez

Salah satu desain rancangan yang sangat terkenal ia namai Ibanez Universe. Tentu saja tidak lupa dengan bagian-bagian yang sudah dipasang khusus demi yang namanya kenyamanannya saat bermain. Tak hanya gitar ibanez listrik elektrik, Vai juga memiliki sebuah gitar signature yang berjenis akustik yang ia namai Euphoria.

  • Eddie Van Halen

Walaupun pemain gitar yang bernama Van Halen ini sudah lumayan cukup lama tak terlihat di industri bermusik, bukan berarti eddie van halen tidak memiliki SG sama sekali. Sebelum memiliki jenis gitar signature, Eddie Van Halen juga sudah membuat sendiri desain gitarnya. Rancangannya model desain tersebut akhirnya ditiru dan selanjutnya sudah dibeli hak paten nya oleh salah satu produsen gitar yaitu, Charvel.

Eddie Van Halen ibanez

Ibanez akhirnya sudah mulai ada rasa tertarik dengan Van Halen, dan akhirnya gear khusus diciptakan untuknya. Ibanez Destroyer menjadi sebuah instrumen khas milik dari pria yang berasal keturunan Indonesia ini selanjutnya. Musicman dan Wolfgang bahkan sempat Ia gunakan saat manggung di sepanjang karirnya bersama Van Halen.

  • Joe Satriani

Untuk Guitar Professor ini melejit karena dari salah satu lagunya, yaitu Always With Me, Always With You. Gaya petikan saat memainkan gitar khas miliknya di lagu tersebut, tentu saja membuat salah satu brand ternama semakin tertarik dengannya. Ibanez yang selama ini dipakainya memang adalah sebuah produsen gitar listrik ternama yang rajin membuatkannya signature.

Joe Satriani Ibanez

Pria yang memang memiliki hobi memakai kacamata ini memang seakan tak bisa dipisahkan dengan Gitar Listrik Ibanez. Sejak awal mula mulai terkenal hingga sekarang, Satriani tetap saja masih setia memakai brand ibanez ini. Signature miliknya adalah bernama Ibanez JS Series.

Artis atau gitaris lain yang pernah bekerja sama oleh pihak Ibanez dan merilis model jenis bersejarah termasuk Paul Gilbert dengan model PGM signature, Sam Totman dengan E-Gen, Herman Li  dan STM model, dan yang terakhir ada Munky dengan model bernama Apex signature.

Ibanez Indonesia

Sebagai perusahaan gitar yang sudah ternama, Ibanez terus memproduksi sebuah alat musik dengan build quality atau kualitas yang terbaik. Ibanez merupakan perusahaan terbesar yang terkenal dengan produksi gitarnya, produk-produk lainnya bahkan tentu saja juga sudah terkenal di berbagai manca negara terutama Asia.

Salah satu keunggulan dari sejarah gitar ibanez ini adalah tidak perlu lagi melakukan stem gitar setiap saat, dan juga anda tidak perlu menyetel nada gitar terlalu sering seperti gitar lainnya. Ibanez sudah diproduksi di berbagai negara dan tidak ketinggal juga di negara wilayah Asia seperti Indonesia, Korea dan RRC Republik Rakyat China.

Harga Gitar Ibanez

Apabila Anda sudah siap untuk mulai berkarir dalam dunia musik hingga profesional tentu saja terbuka lebar bagi Anda, Jika Anda ingin melakukan pembelian sebuah Gitar Akustik Ibanez atau Gitar Listrik Ibanez ini maka anda juga harus mengetahui berapa harga untuk sebuah alat gitar tersebut.

Secara online, baik di e-commerce Indonesia maupun di Amazon atau bahkan di toko offline yang menjual khusus alat 5musik, sebenarnya Anda juga bisa membeli gitar akustik dari harga 500ribu sampai 10juta rupiah dan untuk gitar listrik dari harga 1 juta rupiah sampai 25 juta rupiah.Harga tersebut tentu saja sudah termasuk aksesoris penting yang biasa dibutuhkan untuk menggunakan gitar elektrik, seperti:

  • tas gitar
  • kabel jack
  • amplifier
  • picks
  • peralatan lainnya seperti contoh cadangan senar gitar listrik dan alat-alat lainnya,

Di beberapa toko offline yang tersedia, pastinya akan terdapat toko musik yang menjual berbagai macam jenis banyak gitar. Para penjual tersebut pasti sudah memeriksa kondisi gitarnya terlebih dahulu sebelum mereka jual dan pajang di tokonya dan Anda dapat juga meminta saran atau masukan dari para penjualnya sebelum membeli. Demkianlah kami sampaikan mengenai Sejarah Gitar Ibanez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page